Komunikasi Dalam Bisnis Network Marketing

Cara Komunikasi Dalam Bisnis Network Marketing k-link indonesia

Komunikasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis, tidak terkecuali dalam bisnis network marketing atau MLM. Dalam bisnis MLM Syariah, mayoritas komunikasi yang terjalin adalah komunikasi antara upline dengan para downlinenya. Dengan menciptakan arus komunikasi yang baik, maka akan tercipta kerja sama yang baik yang pastinya akan mempercepat perkembangan bisnis dan jaringan yang akan terbangun.

Banyak pihak yang menganggap bisnis MLM k-link adalah sebuah “terobosan baru” yang luar biasa, dan bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan uang. Selain itu binis MLM juga dianggap mampu memberikan banyak “peluang” bagi para pelaku bisnis yang menekuninya. Peluang yang dimaksud disini adalah peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dengan waktu yang lebih cepat, serta merupakan salah satu cara untuk bisa “bebas secara finansial”.

Dikarenakan bisnis MLM sangat mengandalkan keutuhan sebuah jaringan, maka sudah barang tentu komunikasi adalah hal yang penting. Kemampuan berkomunikasi akan sangat mempengaruhi bagaimana cara seseorang mampu berinteraksi dengan orang lain. Namun, dikarenakan tidak semua orang memiliki skill untuk berkomunikasi yang baik, maka untuk meningkatkan kemampuan biasanya setiap orang dianjurkan untuk mengikuti pelatihan.

Pelatihan mengenai komunikasi secara rutin dilakukan oleh perusahaan network marketing untuk membantu setiap anggotanya dalam memahami mengenai system dan semua hal yang berkaitan dengan bisnis MLM tersebut. Kemampuan komunikasi tidak hanya terbatas dalam hal verbal saja, atau tentang bagaimana Anda mampu berpresentasi dengan baik. Namun juga mengajarkan Anda bagaimana cara membuat deskripsi produk yang baik bila Anda berfokus pada bisnis secara online.

Pelatihan ini biasa diadakan secara terjadwal dan tidak dikenakan biaya sama sekali. Hal ini tentu saja akan memberikan manfaat yang sangat besar kepada setiap anggota untuk mengembangkan kemapuan dirinya dalam berkomunikasi. Dalam pelatihan ini, semua peserta akan diajarkan mengenai hal-hal yang harus dilalui dalam berkomunikasi, atau yang biasa dikenal sebagai proses komunikasi.

Proses komunikasi antara pengirim informasi dan penerima informasi terdiri dari 6 tahap, antara lain adalah:

  • Pengirim informasi mempunyai suatu ide atau gagasan,
  • Pengirim informasi mengubah ide tersebut menjadi suatu pesan,
  • Pengirim informasi berusaha menyampaikan pesan tersebut,
  • Penerima informasi menerima pesan,
  • Penerima informasi akan berusaha menafsirkan pesan,
  • Penerima informasi memberikan tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim pesan.

Keenam proses komunikasi ini biasa diberikan para trainer untuk memotivasi para peserta pelatihan untuk semakin cepat sukses. Metoda proses komunikasi ini biasa dilakukan di dalam proses bisnis apapun, sehingga pelatihan yang diberikan akan dapat bermanfaat dalam perjalanan bisnis peserta. Dengan memahami kesemua proses komunikasi tersebut, maka Anda akan lebih mudah untuk berkomunikasi dan mempromosikan produk serta keunggulan system jaringan bisnis yang sedang Anda coba bangun.

Terlebih dalam bisnis MLM yang memang mengedepankan kemampuan komunikasi dalam mengembangkan jaringan untuk memperoleh keuntungan, maka keterampilan dalam berbicara akan sangat diperlukan. Untuk Anda yang lebih memilih bisnis MLM secara offline atau konvensional, maka kemampuan berkomunikasi akan mampu membuat Anda berbicara dengan baik dalam menjelaskan produk yang akan Anda tawarkan.

Sedangkan untuk Anda yang lebih menggemari berbisnis secara online, maka dengan memahami proses komunikasi yang baik, maka Anda akan dapat mengembangkan kerangka tulisan yang baik dalam menjelaskan produk yang akan Anda tawarkan. Bisnis MLM secara tidak langsung akan mampu meningkatkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi baik dalam hal berbicara, mendengarkan dan menulis untuk menunjang kelangsungan bisnis Anda.

Baca artikel : Bisnis Network Marketing adalah bisnis kontrolversial ?

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply:

WhatsApp chat