Komunikasi Dalam Bisnis Network Marketing

Dalam dunia Bisnis apapun, komunikasi menjadi salah satu hal yang penting, demikian juga dalam bisnis Network Marketing atau MLM. Komunikasi dalam bisnis Multi Level Marketing ini mayoritas adalah komunikasi yang terjalin antara upline dan downline, karena dengan terciptanya komunikasi yang baik maka akan terjadi kerjasama yang baik. Artinya setiap waktu yang dipakai untuk  berkomunikasi dengan para downline akan bisa memberikan peningkatan dan pengembangan yang berarti dalam bisnis Network Marketing.

Problemnya adalah tidak semua semua orang yang masuk dalam bisnis MLM tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Oleh karena  setiap orang yang tergabung dalam bisnis MLM terutama yang masih konvensional atau off line dianjurkan mengikuti pelatihan (training) yang rutin diadakan oleh perusahaan network marketing. Hal ini selain membantu anggota agar semakin cakap berbicara di depan umum, pelatihan ini juga berfungsi sebagai sarana untuk memudahkan anggota dalam memahami istilah-istilah yang digunakan dalam MLM, memahami sistem dan mengetahui semua hal yang harus dilakukan dalam bisnis ini.

Biasanya pelatihan ini diadakan secara gratis dan terjadwal, jadi anggota dalam bisnis ini pun bisa belajar mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan mengembangkan bisnis MLM. Ada beberapa hal yang harus dilalui dalam hal berkomunikasi. Hal ini dinamakan proses komunikasi. Proses komunikasi terdiri atas 6 tahap:

1). Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan,

2.) Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan,

3). Pengirim menyampaikan pesan,

4). Penerima menerima pesan,

5). Penerima menafsirkan pesan,

6).Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim pesan.

Keenam proses ini biasa dilakukan oleh para pelatih (trainer) dalam memotivasi anggotanya agar termotivasi untuk cepat sukses. Metoda ini bisa juga dilakukan di bisnis apapun.

Bagi para anggota yang telah mengikuti pelatihan, pastinya sudah bisa menerapkan konsep-konsep yang telah diberikan pada saat pelatihan. Dalam bisnis MLM terutama yang masih mengembangkan bisnis secara offline memang diperlukan  keterampilan aktif berbicara dan mendengarkan tetapi berbeda apabila anda mulai mengembangkan MLM  online kemampuan berbicara tidak menjadi dominan tetapi lebih pada kemampuan menulis dan berinteraksi di internet. Bisnis ini secara tidak langsung mengajarkan keterampilan berbahasa, walaupun saat ini  perlu dikombinasikan antara offline dan online melalui pengembangan keterampilan berbicara, mendengarkan dan menulis serta berinteraksi melalui media internet.

 

 

 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply:

add_action( ‘wp_footer’, ‘bma_global_footer’ );